Welcome

5 Penyebap Orang Indonesia Sulit Buang Air Besar

buang air besarSusah buang air besar bisa berbahaya bagi kesehatan sebap susah buang air besar bisa menyebapkan  ambeien dan kangker usus, Biasa orang yang susah buang air besar disebapkan karena kurangnya makan makanan yang berserat tinggi seperti sayuran dan buah namun ternyata ada faktor lain yang dapat membuat kita sulit buang air besar.  Nah berikut ini ada beberapa penyebap orang Indonesia susah untuk buang air besar kamu mau tahu apa aja itu simak berikut ini.
1. Stres
Faktor psikologis bisa mempengaruhi fungsi sistem sarah secara keseluruhan. Misalnya pada orang stres, saraf-saraf pencernaan bisa terganggu sehingga gerak peristaltik usus tidak berfungsi dengan normal dan akibatnya adalah susah buang air besar.
Jika bukan dipicu oleh sebab lain, maka sembelit karena stres tidak perlu diatasi dengan obat melainkan cukup dengan menghindiri stres. Berlebihan pakai obat justru bisa menyebabkan usus malas karena ketergantungan.
2. Tidak kerasan tinggal di satu tempat
Salah satu mitos mengatakan, tandanya orang kerasan atau betah tinggal di suatu tempat adalah langsung lancar buang air besar di beberapa hari pertama. Kalau susah keluar, itu tandanya tidak kerasan atau merasa tidak nyaman dengan lingkungan barunya.
Meski cuma mitos, kecenderungan ini sering terbukti benar karena memang berhubungan dengan poin sebelumnya yakni stres. Rasa tidak nyaman di sebuah lingkungan baru merupakan salah satu bentuk stres kejiwaan yang bisa memicu sembelit.
3. Salah makan
Beberapa jenis makanan bisa memicu susah buang air besar jika dikonsumsi berlebihan. Berbagai jenis makanan olahan atau kalengan, goreng-gorengan serta daging merah termasuk jenis makanan yang membuat buang ati besar tidak lancar.
Selain itu, kafein juga bisa menyebabkan dehidrasi yang pada akhirnya memicu sembelit. Karena itu, hindari kopi dan teh yang terlalu banyak.
4. Suka nahan BAB
Sering mengabaikan sinyal-sinyal rasa mulas berarti mengabaikan hasrat naluriah untuk buang air besar. Lama-kelamaan, sinyal itu akan meredup dan siklus alamiah untuk buang air besar jadi terganggu, sehingga butuh rangsangan dari luar untuk membantu melancarkannya lagi.
Banyak alasan orang menahan hasrat buang air besar, misalnya karena terlalu sibuk atau karena tidka menemukan tempat yang tepat untuk melaksanakan hajat besarnya.
5. Kurang makan serat dan jarang minum air
Sinyal untuk buang air besar berupa rasa mulas muncul ketika perut terasa penuh, sementara konsistensi atau wujud tinja tidak terlalu keras. Sensasi rasa penuh di perut bisa didapat dari makanan berserat, misalnya sayur dan buah, sedangkan kekerasan tinja tergantung dari asupan cairan.
Biar buang air besar selalu lancar, biasakan untuk minum tidak kurang dari 8 gelas perhari dan seimbangkan nutrisi dengan makanan kaya serat.