Welcome

Wow, Afghanistan punya Alquran terbesar di dunia!

Wow, Afghanistan punya Alquran terbesar di dunia!
Alquran terbesar di dunia ini dibuat oleh seorang ahli kaligrafi yang ingin menunjukkan kekayaan budaya Afghanistan. Selain itu, Alquran terbesar ini juga merupakan simbol bahwa tradisi Afghanistan tak akan bisa dihancurkan bahkan oleh peperangan selama 30 tahun.
Alquran berukuran 2,28 meter dan 1,55 meter ni telah disahkan sebagai Alquran terbesar di dunia oleh Kementerian Afghanistan.
Kitab suci umat Islam terbesar ini memiliki berat 500 kg dan 218 halaman yang terbuat dari kain dan kertas. Bagian depan dan belakangnya disamak menggunakan kulit yang didapatkan dari 21 kambing.
Seperti dilansir oleh The Guardian, dalam pembuatannya Alquran ini menghabiskan biaya sekitar 300.000 poundsterling.
Mohammad Sabir Khedri, ahli kaligrafi yang membuat Alquran ini, bekerjasama dengan sembilan mahasiswa desain yang menggabungkan ayat-ayat dengan hiasan yang terdiri atas titik berwarna-warni. Ini membentuk sebuah dekorasi yang indah pada buku raksasa tersebut.
Khedri tak hanya membuat karya brilian, dia juga termasuk sabar dalam 'menyembunyikan' karyanya ini hingga dua tahun. Sebenarnya Alquran ini telah diselesaikan pada tahun 2009. Namun ruangan yang digunakan masih belum siap hingga tahun 2012 ini.
Sekarang Alquran raksasa ini ditempatkan di sentra budaya yang menjadi rumah bagi 50.000 buku, sekolah, dan tempat bagi karya seni Afghanistan.
Farkhunda Zahra Naderi, salah seorang anggota parlemen juga mendukung pembuatan Alquran raksasa ini.
"Kami memiliki orang-orang Afghan yang menunjukkan aspek positif Islam," kata Naderi pada Reuters. "Menulis Alquran adalah sebuah kehormatan, tentu jika Anda bisa menulis Alquran terbesar, Anda akan melakukannya. Karena mereka ingin menunjukkan perasaan yang mereka punyai. Perasaan besar dalam hati mereka," tambahnya.
Sebagai seorang muslim, Khedri mengatakan bahwa dia akan senang jika ada orang yang mengalahkan ukuran Alquran buatannya.
"Aku akan sangat senang jika ada orang lain membuat Alquran yang lebih besar. Ini adalah bentuk pengabdian pada Islam," katanya sambil tersenyum.