Welcome

Kisah Asal Mula Munculnya Ide Baju Kotak-Kotak Jokowi-Ahok

Unik-aneh.com - Dalam Pilkada DKI Jakarta 2012 kali ini ada satu pasangan calon yang terkenal lewat baju kotak-kotaknya. Mereka adalah calon Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo, dan Wakil Gubernur, Basuki Tjahaja Purnama. Lalu, darimana ide baju kotak-kotak ini?
Ternyata ide menggunakan baju kotak-kotak berawal dari ketidak sengajaan. Awalnya pasangan ini hanya berniat untuk tampil beda dari pasangan lainnya saat melakukan pendaftaran cagub/cawagub ke Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Jakarta.
“Tujuan pertama saat datang ke KPUD itu mengenakan pakaian yang ngejreng. Pasti orang-orang datang pakai jas atau putihlah,” kata Basuki Tjahaja yang akrab disapa Ahok di Jakarta, seperti dikutip dari Tempo.
Ahok lebih lanjut menjelaskan bahwa mereka memilih baju kotak-kotak karena ingin menunjukkan kesiapan mereka dalam bersaing. Pasalnya baju kotak-kota warna merah itu adalah lambang dari kesiapan.
“Ya kami siap untuk berlomba dalam pemilihan gubernur,” lanjutnya.
Karena banyak pendukung dan masyarakat yang mengidentikan baju kotak-kotak itu dengan Jokowi-Ahok, maka mereka memilih baju itu untuk media berkampanye. Ternyata, ketidaksengajaan ini membawa berkah untuk mereka.
Terbukti, sejak masa kampanye dimulai pasangan calon ini mulai menyebarkan trend baju kotak-kotak. Banyak pendukung dan simpatisan mulai menggunakan baju kotak-kotak sebagai wujud dukungannya kepada calon Gubernur DKI Jakarta asal Solo, Jawa Tengah ini.
Padahal, menurut Ahok, kemeja kotak-kotak memang sudah ngetrend jauh sebelum Jokowi menggunakan kemeja kotak-kotak. Iya bersyukur kampanye baju kotak-kotak ini akhirnya berhasil dengan baik.
Kini pasangan Jokowi-Ahok berhasil memimpin suara diperhitungan cepat atau quick count. Meski itu bukan merupakan hasil resmi, Jokowi-Ahok tetap yakin bisa memenangkan Pilkada DKI Jakarta 2012 ini. (ciricara.com)